Dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional tahun 2017 Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menyelenggarakan kegiatan Buleleng Expo Education yang salah satu sub kegiatannya adalah lomba inovasi pembelajaran bagi guru-guru SMP.
Pada kegiatan ini saya ikut berpartisipasi di dalamnya dengan mengangkat hasil penelitian saya di kelas VII SMP Satu Atap Negeri 2 Banjar pada tahun 2015/2016. Adapaun judul yang saya angkat pada lomba inovasi kali ini adalah PEMANFAATAN MEDIA “BBM” UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN OPERASI BILANGAN BULAT. Berikut disajikan abstrak dari penelitian ini.
PEMANFAATAN MEDIA “BBM” UNTUK MENINGKATKAN
PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN
OPERASI BILANGAN BULAT
Oleh:
Putu Agus Eka Mastika Yasa, M.Pd.
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan berupa rendahnya kualitas proses pembelajaran yang bermuara pada rendahnya hasil pembelajaran yang diperoleh peserta didik kelas VII SMP Satu Atap Negeri 2 Banjar. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dan mendeskripsikan sikap peserta didik terhadap pemanfaatan media Bambu Berwarna dan Microsoft Excel interaktif (BBM) dalam pembelajaran operasi bilangan bulat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan subjek yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Satu Atap Negeri 2 Banjar pada semester I tahun ajaran 2015/2016. Objek penelitian ini adalah (1) pemahaman konsep matematika, dan (2) sikap peserta didik terhadap pemanfaatan media BBM dalam pembelajaran operasi bilangan bulat. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Data aspek pemahaman konsep matematika peserta didik dikumpulkan dengan menggunakan essay yang telah divalidasi butirnya, dan data sikap peserta didik dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Untuk data sikap peserta didik dianalisis dengan menggunakan skala likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media BBM dalam pembelajaran operasi bilangan bulat pada pembelajaran matematika, dapat meningkatkan rata-rata pemahaman konsep peserta didik kelas VII SMP Satu Atap Negeri 2 Banjar, yaitu dari 74,82 dengan kategori cukup pada siklus I menjadi 80,94 dengan kategori tinggi pada siklus II. Peserta didik memberikan sikap yang positif terhadap pemanfaatan media BBM dalam pembelajaran operasi bilangan bulat dengan nilai rata-rata sebesar 46,12.
Kata kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Sikap Peserta Didik, Media Pembelajaran BBM
Beberapa dokumentasi kegiatan
Bersama rekan sejawat (Pak Sekar SMP 4 Tjkl) |
Presntasi Makalah |
Pemenang Lomba |
Kegiatan Deseminasi Inovasi Pembelajaran |
Tanya Jawab dengan peserta didik |
Penyerahan Hadiah Lomba |
0 komentar: